Halaman Utama Listing Mahasiswa Listing Dosen Listing Materi
Kamis. 02 Mei 2024 - 12:47 WIB
 
KULIAH ONLINE [BETA]
LOGIN
Username:
Password:
Dosen Mahasiswa
 
DAFTAR
Pilih tipe account, lalu klik daftar untuk melakukan pendaftaran.

 
LUPA PASSWORD
Bagi Mahasiswa dan Dosen yang lupa dengan passwordnya, silahkan untuk menggunakan fasilitas lupa password »
Jumlah Pengunjung :
66397095

Materi: Silabus Matkul Publisitas Dan Penyelenggaraan Seminar

Listing Materi Perkuliahan / Silabus Matkul Publisitas Dan Penyelenggaraan Seminar
Nama Dosen:Nico Reinaldo, S.I.Kom.
Nama Kelas:PR-III
Nama Matakuliah:Publisitas dan Penyelenggaraan Seminar
Silabus Matkul Publisitas Dan Penyelenggaraan Seminar 
Mata Kuliah : Publisitas dan Penyelenggaraan Seminar Dosen: Nico Reinaldo S.I.Kom DESKRIPSI SINGKAT : Mata Kuliah ini membahas segala bentuk alat dan strategi Public Relations yang ditinjau dari
Isi MateriMata Kuliah : Publisitas dan Penyelenggaraan Seminar Dosen: Nico Reinaldo S.I.Kom DESKRIPSI SINGKAT : Mata Kuliah ini membahas segala bentuk alat dan strategi Public Relations yang ditinjau dari teori dan sekaligus praktikum untuk masing-masing pokok bahasan perkuliahan ini. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Setelah selesai mengikuti MK ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mempersiapkan berbagai kegiatan publisitas sebagai strategi Public Relations untuk masing-masing pokok bahsan dengan mengindahkankerangka teori dan kaidah yang telah diberikan dalam proses belajar mengajar. --------------------------------------------------------------------------- A. TUJAN MATA KULIAH : Pemenuhan kebutuhan pengembangan wawasan keilmuan mahasiswa alam rangka pembekalan ilmu pengetahuan tentang penyelenggaaan Seminar Masalah Administrasi baik bersifat teoritis maupun praktis. B. TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dimensi teoritis tentang Seminar Masalah Administrasi, dan trampil menerapkan dimensi praktisnya. C. SASARAN BELAJAR : Setelah mendalami mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan pokok pikiran dan teori & teknik manajemen penyelenggaraan Seminar Masalah Administrasi dengan segala aspeknya serta dapat mempraktekkan penyelenggaraan seminar yang benar. -------------------------------------------------------------------------- Sub Pokok Bahasan Daftar Pustaka 1. Mahasiswa dapat mengidentifikasikan publisitas sebagai instrumen dari Public Relations dan merancang corporate identity TheFundamental/dasar Publisitas Perkenalan 1. Fungsi Publisitas - Definisi, tujuan, kelebihan, keterbatasan dan tujuan 2. Landasan/the basic - Peranan publicist - The gatekeepers, sumber berita, elemen dari berita 3. Ruang gerak Publisitas - Profile institusi - Logo dan moto - Merancang logo dan motto perusahaan - Analisa dan diskusi corporate identity Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 1 Idem, Bab 2 Yale David R, 1991, The Publicity Handbook, Bab 1 Al Cooper, 1995, World of Logotypes, Vol 2. 2. Mahasiswa dapat menjelaskan dan membuat release elektronik sebagai kegiatan publisitas Mempersiapkan dan membuat release elektronik - Review 1. Definisi dan fungsi release 2. Jenis release 3. Tips pembuatan release 4. Mempersiapkan dan membuat release radio - Tanya jawab - Diskusi - Analisa Smith Jeanette, 1995 The publicity kit bab 15 dan 16 Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 8 dan Bab 11 3. Mahasiswa dapatmengidentifikasi dan menganalisa kasus publisitasyang bersentuhan dengan aspek hukum/laws Publisitas dan aspek hukum - Review 1. Publisitas dan hukum 2. Kerjasama dengan ahli hukum, kegiatan publisitas 3. Kegiatan Publisitas yang bersentuhan dengan aspek hukum 4. Menganalisa kasus-kasus publisitas yang memerlukan aspek hukum - Tanya jawab dan diskusi - Analisa Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 4 Phillips firth, 1990, Introduction to Intellectual Property Law, Bab 9, Bab 10, Bab 16 dan Bab 21 dan Bab 24 4. Mahasiswa dapat merencanakan kegiatan social events, khususnya kegiatan amal/charity activities Social events - Review 1. Pengertian dan fungsi social events 2. Jenis-jenis social events 3. Charity activities 4. Teknik dan cara mempersiapkan charity activities 5. Membuat perencanaan charity activitiesMahasiswa dapat membuat dan memanfaatkan foto publisitas sebagai kegiatan yang mendukung program public relations Foto publisitas - Review 1. Manfaat foto dalam kegiatan publisitas 2. Jenis foto yang mendukung kegiatan publisitas 3. Sudut pengambilan foto dan cara penyajian foto publisitas dalam media public relations - Hunting foto - Diskusi dan Tanya jawab - Analisa Smith Jeanette, 1995 The publicity kit bab 10 Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 10 Yale David R, 1991, The Publicity Handbook, Bab 6 6. Mahasiswa dapat memanfaatkan dan membuat newsletter sebagai media public relations Newsletter sebagai media public relatioons - Review 1. Peran editor 2. Jenis-jenis newsletter 3. Materi dan persona yang terlibat dalam pembuatan newsletter 4. Merancang newsletter - Persiapan - Desain - Produksi - Diskusi dan analisa Smith Jeanette, 1995 The publicity kit bab 19 Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 20 7. Mahasiswa dapat merencanakan dan membuat kampanye publisitas sebagai salahsatu kegiatan public relations Kampanye Publisitas - Review 1. Fungsi kampanye 2. Merencanakan kegiatan kampanye 3. Memilih media kampanye 4. Evaluasi keberhasilan 5. Laporan kegiatan - Diskusi dan tanya jawab - Analisa Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 5 Golblatt, 1999, Special Idem Bab 6 8. Mahasiswa dapat merancang danmempersiapkan acara Talkshow Talk Shows - Review 1. Sekilas tentang talkshows dan kegunaannya 2. Memilih media talkshows 3. Merencanakan talkshows dalam suatu media - Memilih topik - Menentukan pembicara - Tempat - Setting ruangan - Menentukan aturan dan tatacara - Waktu dan lama acara - Evaluasi - Diskusi dan Tanya Jawab - Analisa Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 13 Yale David R, 1991, The Publicity Handbook, Bab 8 9.Mahasiswa dapat membuat satu produk iklan komersial untuk media TV - Review 1. Sekilas tentang Konferensi pers dan kegunaannya 2. Jenis-jenis konferensi pers 3. Merencanakan konferensi pers - Menyiapkan pembicara - Topik pembicaraan - Tempat pelaksanaan - Waktu dan lamanya - Kits dan release serta informasi lainnya Yale David R, 1991, The Publicity Handbook, Bab 9 Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 19 Yale David R, 1991, The Publicity Handbook, Bab 9 - Contact Persons - Diskusi dan Tanya Jawab - Analisa 10. Mahasiswa dapat merencanakan dan mempersiapkan kegiatan konvensi Konvensi - Review 1. Tinjauan umum tentangSpecial events 2.Jenis-jenis special events 3. Konvensi sebagai corporate events 4. Merancang dan mempersiapkan konvensi - Sesuai kaidah - Diskusi dan Tanya jawab - Analisa Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 19 Golblatt, 1999, Special Events, Bab 28 11.Mahasiswa dapat merancang leaflet sebagai media public relations Leaflet - Review 1. Sekilas tentang printed materials sebagai media Public Relations 2. Kelebihan dan kekurangan media cetakan/printed material 3. Merencanakan dan merancang leaflet - Persiapan materi dan bahan - Desain - Diskusi dan Tanya Jawab - Analisa Smith Jeanette, 1995 The publicity kit bab 19 D Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 21 12. Mahasiswa dapat menentukan dan merancang miscellanous Publicity tools/kado keciluntuk klien Miscellanous Publicity tools - Review 1. Benda benda pengingat yang menunjang kegiatan publisitas 2. Serbaneka yang akan menimbulkan citra perusahaan pada publik 3. Menentukan dan merancang alat penunjang kegiatan publisitas untuk kesempatan ulang tahun perusahaan/institusi - Sesuai dengan kaidah - Diskusi dan Tanya Jawab - Analisa - Penutup Nolte & Wilcox, 1986, Effective Publicity, Bab 22 Mata Kuliah : Publisitas dan Penyelenggaraan Seminar Dosen: Nico Reinaldo S.I.Kom --------------------------------------------------------------------------- MATERI PEMBELAJARAN 1. Pendahuluan a. Pokok pikiran Penyelenggaraan Seminar b. Pola berpikir Ilmiah dalam rangka pemecahan masalah 2. Teori dan Teknik Penyelenggaraan Seminar a. Pengertian-pengertian b. Azas dan sikap dasar berdiskusi c. Teknik diskusi dalam seminar 3. Manajemen Penyelenggaraan Seminar a. Perencanaan Kegiatan b. Pengorganisasian Kegiatan c. Pelaksanaan Kegiatan d. Evaluasi Kegiatan 4. Praktek penyelenggaraan seminar a. Persiapan Seminar -Penentuan Materi Kajian -Pembagian kelompok -Pengumpulan bahan-bahan seminar (penyusunan instrumen, data se- kunder/primer, reading course) -Penyusunan Laporan c. Penyajian Mingguan d. Penyajian Pleno BAHAN PUSTAKA : Bulatau, S.J.1985.Teknik Diskusi Kelompok.Kanisisus.Yogyakarta. Dirjen Dikti Depdikbud.1977.Cara Memimpin Sidang.LP3ES.Jakarta. ----------------------.1977.Dinamika Kelompok. LP3ES. Jakarta. ----------------------.1977.Teknik Berdiskusi. LP3ES. Jakarta. Jafri, Tasmin T.1979.Teknik-teknik Berorganisasi.Panti Trisula. Jakarta. Stemerding.1977.Teknik Rapat dan Diskusi Kelompok.Balai Aksara. Jakarta. Thoha, Miftah.1977.Rapat dan Cara Penyelenggaraan.UGM. Yogya. Winardi.1973.Berpikir Kreative Dalam BIdang Manajemen. Tarsito. Bandung.
Update : 13:48:33 22/09/2010