PERKEMBANGAN ARSITEKTUR III
Pertemuan Kedelapan dan Kesembilan
SUMBANGAN NEGARA-NEGARA DUNIA
Inggris Raya (Great Britain)
Perancis
Belanda
Jerman
Switzerland
Swedia
§ &
Isi Materi
PERKEMBANGAN ARSITEKTUR III
Pertemuan Kedelapan dan Kesembilan
SUMBANGAN NEGARA-NEGARA DUNIA
Inggris Raya ( Great Britain )
Perancis
Belanda
Jerman
Switzerland
Swedia
§ Inggris Raya ( Great Britain )
Inggris Raya Abad 20 , Art Noveau – Perancis, Belgia, Jugendstil – Jerman, Sezession sebagai varian – Austria, Stile Liberty – Italia, dan Modernismo – Spanyol à bukti berkembangnya bibit-bibit AM. Di Inggris berkembang melalui para tokohnya William Morris, CFA Voysey, dan Charles Rennie Mackintosh.
Art Noveau – Gaya dekorasi dalam arsitektur dan seni terapan . Berkembang secara prinsip di Perancis dan Belgia sampai dengan akhir abad 19. Karakteristik : bentuk-bentuk organik dan dinamik, desain lengkung, dan garis-garis bebas mengalir .
Morris + para pengikutnya à Rancangan meluas : Perumahan – Seni Terapan + Dekorasi Interior Rumah Tinggal (Kali pertama mengorganisasikan rumah tinggal secara fungsional. Tidak mensubordinat interior terhadap konsepsi bentuk tradisional à memberi setiap ruang : posisi + bentuk + ukuran sesuai dengan kegunaannya . Pekerjaan Morris terinspirasi oleh protes melawan dampak negatif industrialisasi namun dalam merealisasikan ide-ide baru belum memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan oleh industri .
Pengaruh Walter Gropius, Erich Mendelsohn, dan Marcel Breuer – 1931 berdiri kelompok MARS = asosiasi arsitek muda Inggris yang terkait dengan CIAM. Beberapa tahun kemudian Walter Gropius + Erich Mendelsohn + Marcel Breuer merasa tidak dapat bertahan di Jerman karena meningkatnya Sosialisme Nasional à pindah ke Inggris à pengaruh kuat terhadap para arsitek Inggris. Refreshing : Walter Gropius – master arsitektur moderen pendiri Bauhaus; Erich Mendehlsohn – tokoh arsitektur moderen terkenal dengan konsep eksprsionismenya.
Maxwell Fry Dan Owen Williams – Gedung AM di Inggris sangat dipengaruhi oleh arsitektur kontinental yang kuat. Adapun tokoh-tokohnya adalah Maxwell Fry dan Sir Owens Williams yang dijuluki Auguste Perret Inggris Raya.
Ide Kota Satelit – Akhir 1930-an à tekanan terhadap aktivitas gedung akibat peperangan, akan tetapi justru dimulainya studi intensif yang dapat menjadi solusi pada saat peperangan berakhir : Rekonstruksi Kota-kota yang Hancur . Inggris mulai memproduksi contoh-contoh praktis solusi masa depan berupa prinsip-prinsip perencanaan kota dan wilayah . Konsep Baru Kota Satelit à Inggris Selatan, menerapkan prinsip-prinsip : Asrama tidak diciptakan bagi masyarakat yang bekerja di kota-kota terdekat seperti London à self-contained organisms (terdiri atas segala sesuatu yang diperlukan oleh masyarakat dalam suatu kehidupan kota ) : rumah + sarana bekerja + ruang hiijau untuk rekreasi + sekolah dan pusat-pusat kebudayaan. Pada saat yang sama struktur sosial mulai berubah à merepresentasikan pekerja di perusahaan besar + kecil à pengrajin, pekerja kantoran, guru dan para profesional.
Desain Sekolah Inggris – Gedung sekolah di Inggris à salah satu contoh karya AM Inggris yang mencapai posisi puncak. Gedung sekolah à masalah pendidikan dan tidak terlalu menjadi masalah arsitektural. Bagi Inggris gedung sekolah yang disukai à Tipe Pavilion dan bukan gedung-gedung berlantai banyak à memberi kesempatan mengkombinasikan pengajaran antara ruang kelas + ruang terbuka .
Festival Inggris – 1951, Festival Inggris. Meskipun bukan eksibisi dunia namun merupakan upaya untuk mempersatukan stok-stok artistik à pencapaian bangsa. Spirit à Eksperimen + Pencarian kemungkinan baru = menggeser sikap konservatif yang kuat. AM dianggap berhasil à diterima secara umum di bebarapa negara yang sebelumnya mengadopsi sikap konservatif yang cenderung eklektis .
§ Perancis (France )
Engineer–Architects Abad 20 – Abad 20 Perancis = Inggris dalam hal sumbangan pertama para arsitek dan insinyur untuk memantapkan arsitektur kontemporer = kiwari. Metoda produksi besi + baja à yang dikembangkan di Inggris digunakan oleh para insinyur Perancis untuk meningkatkan konstruksi yang kokoh untuk jembatan + department store + tempat pameran . Saat itu arsitektur Perancis didominasi oleh eklektisisme .
Auguste Perret Guru Arsitektur Perancis – Arsitektur + Material Baru à kemungkinan kreatif pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Perret. Contoh : Henri Labrouste à menggunakan besi untuk salah satu karyanua : perpustakan St. Genvieve. Muridnya Anatole de Baudot à melanjutkan pekerjaan gurunya + salah satu yang pertama kali memperkenalkan beton bertulang dalam arsitektur. Demikian pula : Lambot + Coignet + Monier + Hennebique + Freyssinet à tokoh-tokoh yang memulai penggunaan beton bertulang untuk gedung sampai saat ini . Beberapa tahun kemudian Auguste Perret salah satu perintis AM à konsep asitektur yang dipengaruhi dengan sangat kuat oleh preseden klasik. Karya terakhir : arsitektur beton yang monumental.
Atelier Milik Le Corbusier dan Pengaruhnya Yang Mendunia – Salah satu murid Auguste Perret à Le Corbusier + ateliernya di Paris . Seperti halnya Bauhaus à salah satu sumber kunci terbentuknya pergerakan moderen . Le Corbusier memperoleh pekerjaan di luar Perancis à India + budayanya yang cukup tua. Chandigarh : Proyek permukiman bagi 150.000 penduduk di Ibu Kota baru Punjab . Hal ini sangat tidak mungkin dilakukan di Eropa (seluk beluk tentang Le Corbusier dapat dilihat pada perkuliahan sebelumnya).
Rasionalisasi dan Prefabrikasi – Pembangunan kembali kota setelah PD II lebih terlihat dibandingkan negara-negara lain Eropa. Rasionalisasi : prinsip-prinsip ekspresi yang mempertahankan perbedaan ruang dalam terlihat pada fasadenya . Prefabrikasi : Elemen-elemen fasade berupa elemen prefabrikasi à tetap dapat menunjukkan perbedaan ruang dalam.
Arsitek Perancis Di Afrika Utara – Arsitek-arsitek Perancis di Afrika Utara sebagai negara koloni à mengembangkan arsitektur yang disesuaikan dengan kondisi-kondisi regional teritori tersebut.
§ Belanda ( Netherlands atau Holland )
Berlage – Hendrik Petrus Berlage, karya-karya besarnya à tanda dimulainya AM di Belanda. Salah satu bangunannya à beliau berpaling kembali kepada langgam imitasi + menghargai material + integriti + simplisiti + nilai bentuk-bentuk stereometrik = strict rationalism . Meskipun beliau tidak berkecimpung langsung dalam pergerakan menuju arsitektur abad 20 namun pengaruhnya tidak dapt dihindari.
The School Of Amsterdam dan De Stijl – 1910, berdiri School of Amsterdam à menentang Berlage dalam hal strict rationalism namun tetap mengadopsi detil-detilnya terutama yang menolak eklektisisme . Penekanan : Mencari bentuk-bentuk baru + ekstravagan . Bentuk ekstravagan à terlihat pada karya-karya De Stijl, akan tetapi karena dikondisikan oleh perkembangan sejarah dan kebutuhan. Perbedaan The School of Amsterdam dan De Stijl , De Stijl lebih mencari elemen-elemen objektif untuk bahasa-bahasa arsitektur barunya + konsep-konsep ruang yang menolak bentuk kotak + lebih menyukai interelasi antara ruang dengan volum yang berbeda .
Jjp Oud – Belanda à arena eksperimen bagi AM. JJP Oud à merancang perumahan dengan konsep-konsep yang berasal dari teori De Stijl .
The High Slab-Shaped Block Of Flats – Kondisi sosial yang menandai kehidupan di Belanda à terlihat pada arsitekturnya. Perumahan + perencanaan kota à berperan dominan . Perumahan lengkap diselesaikan setelah PD I : Rotterdam + Amsterdam serta pengendalian pengembangan kota 10 tahunan . Jenis tempat tinggal baru telah dicoba pula dibangun di Belanda à The Slab-Shaped Block of Flats : bagi bujangan + pasangan tanpa anak. Blok tinggi yang dihubungkan oleh bangunan rendah : bagi keluarga dengan anak à hal ini memberi karakter khas bagi kota .
Rekonstruksi Rotterdam – Selama PD II + sesudahnya à isolasi kota-kota kecil membuat kurang kontak dengan AM + masalah ekonomi menurunkan kegiatan membangun . Pembangunan kembali area yang hancur dimulai pada tahun 1948 dengan skala besar. Rekonstruksi kota dalam seperti Rotterdam à kesempatan merealisasikan ide-ide baru di antaranya kombinasi kerajinan tangan + industri kecil à membawa ke arah pembangunan flat yang dapat disewakan mulai dari unit-unit kecil sampai dengan besar . Para penyewa memperoleh bengkel + ruang kantor yang dilengkapi listrik, air, dan gas. Prinsip baru untuk Rotterdam à Lijnbaan : shopping centre di jantung kota yang aksesibel hanya untuk para pedestrian.
§ Jerman ( Germany )
Landmarks Of Style – 1990, Jerman kembali ke Jugendstil . Akhir PD I à merubah posisi Jerman secara total : secara intelektual + ekonomi . Kepercayaan yang telah berakar terhadap kondisi-kondisi permanen dan stabil lenyap bersamaan dengan hilangnya kekaisaran. Ketidakpercayaan terhadap konvensi tradisional menawarkan kemungkinan-kemungkinan ide baru yaitu arus optimisme yang kuat telah memberi inspirasi upaya-upaya artistik di seluruh bidang kebudayaan termasuk arsitektur.
Bauhaus – Lihat pekuliahan sebelumnya.
Hari-Hari Besar Abad 1920-An – Selama perioda transisi (1918-1923) tumbuh inflasi yang tidak memungkinkan dilakukannya kegiatan membangun sehingga tidak ada ide-ide baru, oleh karenanya pada perioda tersebut pengaruh De Stijl dan Le Corbusier sangat besar terhadap perkembangan AM di Jerman. Sosialisme Nasional yang mengekspresikan Pseudo-Classicism atau Klasisisme-Palsu yang monumental telah menutup kemungkinan para arsitek mengembangkan konsep-konsep barunya, sehingga Walter Gropius, Erich Mendelsohn dan Mies Van Der Rohe beremigrasi.
Perumahan – Perencanaan rumah + perumahan à menandai akhir fase revolusioner pertama AM.
Pengaruh Pasca Perang Dari Switzerland + Skandinavia + Amerika Serikat – Pengaruh eksternal yang kuat terhadap perkembangan AM Jerman khususnya dari Switzerland + Negara-negara Scandnavia + Amerika Serikat à bagi gedung-gedung sekolah. Situasi di Jerman sampai saat ini à aplikasi prinsip-prinsip desain modern besar-besaran namun menimbulkan ancaman menjiplak bentuk-bentuk yang fashionable .
§ Switzerland
Kualitas Dan Suara Hati Sosial – Di negara-negara pinggiran Eropa seperti Switzerland , AM berkembang pada 1930-an à didasari pengalaman 1920-an + diadaptasikan dengan kondisi-kondisi lokal dan perbaikan bentuk. Switzerland memasuki arsitektur kontemporer pada saat fase revolusi berlalu dengan pencapaian para arsiteknya à pada detil-detil + tanggungjawab sosial yang sangat tinggi.
Proyek Perumahan dan Sekolah – Proyek Perumahan à menunjukkan kapasitas para arsitek muda Swiss yang dapat menyelesaikan masalah secara teliti dan masyarakat terlayani. Keberhasilan yang telah dicapai à perencanaan komunitas dengan mempertimbangkan keinginan para penyewa + karakteristik tapak tanpa kehilangan konsepsi arsitektur . Proyek Sekolah mendapat pengaruh kuat dari Le Corbusier + tradisi tahun 1920-an. Keperdulian terhadap kemanuasiaan à desain-desain sekolah yang memiliki ruang-ruang kelas bertata letak dengan skala intim + konsep desentralisasi = pemisahan menjadi unit-unit kecil berdasarkan usia siswa sekolah .
Robert Maillart – Hal yang betul-betul dapat diingat tentang Switzerland à kecermatan teknik sipil. Tokoh Robert Maillart memiliki atensi pada bentuk struktural yang ekonomis + keahlian dalam beton bertulang à rancangan-rancangannya menjadi sangat penting.
Arsitek Muda Swiss – Pendapat para arsitek muda Swiss à gedung tunggal seperti gedung kebudayaan tidak lagi berdiri sendiri à gedung = bagian dari kelompok yang membentuk pusat kota yang representatif . Pada dasarnya kualitas yang diekspresikan melalui arsitektur : logika + kepraktisan + kesempurnaan = mencapai keseimbangan .
§ Swedia ( Sweden )
Erik Gunnar Asplund – Arsitek Swedia dengan kepribadian terpuji. Melalui karya-karyanya à transisi Neo-Kalisisisme menuju Moderen terjadi secara sempurna. Karyanya untuk Stockholm Arts and Crafts Exhibition à baja + kaca à mengimpresi negara-negara lain di antaranya Swedia dan Finlandia. Refreshing : Neo Klasisisme : Fase terakhir Klasisime Eropa yaitu di akhir abad 18 dan awal abad 19. Karakteristik : Monumentalitas, penggunaan order secara ketat, penerapan ornamen secara berganti-gant i.
Dari Klasik Hingga Moderen – Asplund mengembangkan teori à untuk karya-karya berikutnya + untuk gedung-gedung historis lainnya. AM Swedia sejak awal à menawarkan peningkatan standar kehidupan bagi seluruh masyarakat. Aspirasi AM cocok dengan Swedish Society Arts and Crafts à yang menuntut agar peralatan rumah tangga selain indah secara bentuk harus dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
Sven Markelius – Pengaruh AM di tahun 1920-an lebih jelas terlihat pada karya-karya Sven Markelius daripada karya-karya Asplund à terlihat pada karya-karya Hal Konser dengan konsepsi eksternal kubusnya .
Hal Konser Swedia – Setelah Asplund + Markelius memperlihatkan kebaikan melalui karya-karyanya à bermunculan berbagai gedung baik milik pribadi maupun umum : Hal Konser, Teater, Pengadilan, Sekolah, Rumah Sakit, Musium, Flat dan Perumahan .
Blok-Blok Point And Star – Arsitektur perumahan di Swedia mendapat tempat yang bergengsi. Selain digunakan HIGH SLAB khususnya di Swedia Selatan dikembangkan pula :
1. Blok POINT à gedung rendah panjang di atas tapak yang tidak beraturan.
2. Blok STAR à gedung untuk memenuhi kebutuhan = kemungkinan terbaik penggunaan lahan semacam terrace house + memungkinkan pengelompokan spasial dalam unit-unit kecil.
Kota Satelit Vallingby – Swedia menyadari à faktor utama pengendalian perencanaan kota yaitu konsentrasi kepemilikan lahan pada satu lembaga . City of Stockholm à salah satu contoh dan terbukti dapat mengendalikan pengembangan berdasarkan jalur-jalur rasional. Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan tempat tinggal telah dibangun kota satelit salah satu yang terkenal adalah Vallingby. Di sini dilakukan hal-hal yang menjadikan kota baru memiliki ketidakbergantungan dengan menyediakan gedung-gedung kebudayaan + komersil.
Arsitektur Swedia à berperan dalam memperjuangkan salah satu pemecahan masalah yang bertumpuk à menciptakan + mengorganisasikan pusat-pusat kebudayaan yang akan menjadi titik pumpun dalam kehidupan kota-kota baru.