LOGIN DAFTAR Pilih tipe account, lalu klik daftar untuk melakukan pendaftaran. LUPA PASSWORD Bagi Mahasiswa dan Dosen yang lupa dengan passwordnya, silahkan untuk menggunakan fasilitas lupa password »
UNIKOM Network Jumlah Pengunjung : 63565567 |
Materi: Materi XIIb-Franchise/WaralabaListing Materi Perkuliahan / Materi XIIb-Franchise/Waralaba
Materi XIIb-Franchise/Waralaba PENGERTIAN FRANCHISE/WARALABA
Franchise ini merupakan suatu metode untuk melakukan bisnis, yaitu suatu metode untuk memasarkan produk atau jasa ke masyarakat. Selanjutnya disebutkan pula bahwa franchise dapat didefinisikan sebagai suatu sistem pemasaran atau distribusi barang dan jasa, di mana sebuah perusahaan induk (franchisor) memberikan kepada individu / perusahaan lain yang berskala kecil dan menengah (franchisee), hak- hak istimewa untuk melaksanakan suatu sistem usaha tertentu dengan cara yang sudah ditentukan, selama waktu tertentu, di suatu tempat tertentu.
SEJARAH FRANCHISE/WARALABA
Waralaba mulai ramai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1970-an dengan mulai masuknya franchise luar negeri seperti Kentucky Fried Chicken, Swensen,Shakey Pisa dan kemudian diikuti pula oleh Burger King dan Seven Eleven.
Walaupun sistem franchise ini sebetulnya sudah ada di Indonesia seperti yang diterapkan   oleh   Bata   dan   yang   hampir   menyerupainya   Ialah   SPBU (pompa bensin).
Istilah  franchise  ini  selanjutnya  menjadi  istilah  yang  akrab  dengan masyarakat, khususnya masyarakat bisnis Indonesia dan menarik perhatian banyak pihak untuk mendalaminya kemudian istilah franchise dicoba di Indonesiakan dengan istilah ‘waralaba’ yang diperkenalkan pertama kali oleh Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Manajemen (LPPM) sebagai padanan istilah franchise. Waralaba berasal dari kata wara (lebih atau istimewa) dan laba (untung), maka waralaba berarti usaha yang memberikan laba lebih / istimewa.
Update : 14:44:41 05/01/2021 |